Profil SDIT Anak Sholeh 1

Profil

sdit Anak Sholeh Mataram

 

Sukses pendidikan tidaklah hanya diukur dari kualitas gedung dan mahalnya biaya, namun lebih dapat dirasakan dari apa yang diterima oleh anak-anak agar mereka bisa tumbuh sesuai dengan potensi yang dimiliki dan berkembang sejalan dengan tuntunan agama. Karenanya kehadiran sekolah tidak hanya ditujukan untuk mengembangkan potensi akademik semata tetapi juga melejitkan potensi-potensi kepemimpinan, kewirausahaan dan kemandirian yang terbingkai dalam religiusitas, kedekatan dengan nilai agama.

Pengembangan potensi-potensi tersebut dilaksanakan oleh SDIT Anak Sholeh Mataram  dalam suasana sekolah bernuansa alam dengan harapan anak-anak dapat secara optimal mengembangkan dirinya selaras dengan alam dimana ia berada.

 

“ Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar “.  (QS. An Nisa’ : 9)

"Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa di antara kamu." (QS 49:13)

"... Niscaya Allah akan meninggikan orang yang beriman di antara kamu dan orang yang menuntut ilmu dengan beberapa derajat." (QS 58:11)

"Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." (QS 2:30)

Berdasarkan tiga acuan di atas, Sekolah Dasar Islam Terpadu  Anak Sholeh Mataram mengembangkan 3 aspek utama yang ingin dicapai selama siswa menempuh pendidikan Cerdas, Kreatif, Bertaqwa.

.  A.  Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

                                                                                                  

1.      Visi :

     Membentukgenerasi Cerdas, Kreatif, Bertaqwa

 

2.      Misi

1.    Mewujudkan budaya sekolah yang religius dalam mencetak siswa yang memiliki aqidah dan akhlak yang benar serta kesadaran beribadah yang tinggi.

2.    Mewujudkan proses pembelajaran yang efektif sehingga siswa mencapai ketuntasan belajar   dan diterima di sekolah favorit.

3.    Merealisasikan kegiatan siswa yang variatif dalam membentuk kemandirian, kreatitivitas dan jiwa kepemimpinan.

4.    Mewujudkan  partnership rumah-sekolah yang kokoh dan berkesinambungan dalam membangun karakter  dan prestasi siswa

5.    Mewujudkan dan membangun manajemen sekolah yang handal

6.    Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih,  nyaman, sehat dan bersahabat 

7.    Mewujudkan  sumber daya pendidik dan kependidikan yang kompeten dan professional

3.      Tujuan

Menjadi sekolah berkarakter  religius,  pembelajar, mandiri, kreatif dan berjiwa kepemimpinan  didukung  tenaga pendidik  dan manajemen sekolah yang professional  dalam jalinan partnership sekolah-rumah yang  kokoh dan berkesinambungan.

 

B.     LETAK SEKOLAH

Setelah 2 tahun menyewa gedung untuk proses belajar-mengajar dan kegiatan akademik lainnya pada tahun ajaran 2008/2009 menempati lokasi baru di Jl. Merdeka Raya Merdeka VII atau Gg. Anak Sholeh School Pagesangan Mataram

Lokasi baru ini adalah milik sendiri SDIT Anak Sholeh Mataram, dan disetting dalam bentuk sekolah alam, yaitu yang terdiri dari ruang-ruang kelas terbuka (brugak), aula / ruang pertemuan, ruang guru, wc dan kantin.

 

C.     KONDISI FISIK

1.    1 kantor (ruang kepala, deputi dan administrasi)

2.    7 Ruang kelas terbuka/berugak/atap ilalang.

3.   17 Ruang kelas permanen

4.                  1 Ruang Guru

5.                  1 Ruang Multimedia

6.                  1 Ruang Al Qur’an

7.                  1 Ruang komite

8.                  12 KM

9.                  4 lokal tempat wudhu

10.              Perpustakaan

11.                   Ruang UKS

12.                   Menara outbond (flyingfox) milik sendiri

 

D.      KETENAGAAN

1.      Yayasan

SDIT Anak Sholeh Mataram dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Terpadu  (YPIT) Ibnu Abbas. Ketua Dewan Pembina Ust. H. Muharror Mahfuz dan ketua Yayasan adalah Utman Rifqi,SP.

YPIT Ibnu Abbas memiliki consent yang cukup kuat untuk mengembangkan pendidikan di NTB khususnya di Mataram dengan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan yang tidak terlepas dari penanaman nilai-nilai agama sejak dini.

Susunan kepengurusan sebagai berikut :

a.       Dewan Pembina

Ø  Ketua     : Bapak TGH. Muharror Mahfuz,S.Ag

Ø  Anggota: Bapak TGH.  Muhammad Dahir

b.      Penggurus

Ø  Ketua                  : Bapak  Utman Rifqi,S.P

Ø  Sekr. Umum       : Bapak Yasrul,S.Kom

Ø  Bendahara          : Bapak L.Miftahul Ulum,SE

2.      Struktur Sekolah

a.       Direktur    : Wahidah,SE

b.      Wakil Direktur

1.      Kesiswaan      : Ikah Farikah S, SE

2.      Kurikulum      : Siti Aisyah, S.Pd

3.      Sarana Dan SDM : Lilik Sri Hartini,SP

4.      Pengembangan Al Qur’an     : Laila Nurmayani, SP

c.       Deputy

Ø  Pengembangan Kegiatan Kesiswaan: Eka Wahyulina, SP

Ø  Pengendalian Budaya Sekolah: Marhadi, S.Pd

Ø  Penjaminan Mutu Akademik : Yetik Herlina, S.Pd

Ø  Penjaminan Mutu Non Akademik : Rina Irawati, ST

Ø  Pengembangan Kemasjidan : Moh. Hapipi, S.PD

Ø  Pengembangan Usaha Sekolah : Yuliana Sudarto, ST

Ø  PengembanganSarana: Heri Purwanto,M.Pd

Ø  Pengembangan Tahsin Level I-III : Syaeful Makmun, S.Pd

Ø  Pengembangan TahsinLevel IV-VI: Baiq Delyana KH, ST

Ø  Pengembangan TahfizhLevel I-III: Rini Satriani, S.Pd

Ø  Pengembangan TahfizhLevel IV-VI: Hadiyah, S.Pd

d.      Koordinator Level

ü  Level 1 : Muspi, S.Pd

ü  Level 2 : Zuliadi, S.Pd

ü  Level 3 : Muhyin Aziz, S.Pd.I

ü  Level 4 : Farham, S.Pd

ü  Level 5 : Sahdan, S.Pd

ü  Level 6 : L.M. Said, S.Pd

e.       Adminitrasi dan Keuangan

Ø  Bendahara       : Iriani Mazidah, SE

Ø  Administrasi    : Hidayatul Mustapid, SM

Ø  Operator Dapodik : Dony Fivtisepta Kadran, ST

Ø  Staff TU          : Najamudin

 

3.      Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Secara keseluruhan Guru Sekolah Islam Terpadu Anak Sholeh Mataram adalah para sarjana dari berbagai disiplin Ilmu dan beberapa Guru yang memiliki kualifikasi pada bidang pendidikan dan akta IV keguruan. Walau demikian, guru-guru yang berasal dari berbagai disiplin ilmu telah dibekali dengan kemampuan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang dicanangkan oleh Sekolah Islam Terpadu Anak Sholeh Mataram.

Sekolah Islam Islam Terpadu Anak Sholeh Mataram, dalam mendukung proses pembelajaran juga memiliki guru-guru non bidang studi yang ditujukan untuk pembelajaran Ko dan extrakurikuler seperti guru Pramuka (Kepanduan), Pencak Silat, Olah Raga, dan guru Alqur’an yang semuanya ditujukan untuk mengembangkan kemampuan siswa secara optimal sesuai dengan kurikulum yang dicanangkan.

Susunan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Tahun 2018/2019 terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 4 Wakil Kepala, 11 Deputi, 57 Guru, 4 Koordinator Level, 4Administrasi/Keuangan, 3 Petugas Keamanan dan 3 Petugas Kebersihan

B.       SISWA SDIT ANAK SHOLEH MATARAM

1.      Kondisi Siswa

 

1.      Sistem Rekruitemen Siswa Baru

Sistem rekruitemen siswa baru dengan cara menerima siswa dari TK Islam Terpadu Anak Sholeh Mataram karena merupakan sekolah yang juga dikelola oleh Yayasan Ibnu Abbas Mataram. Pada 3 tahun pertama 60 % calon siswa adalah dari alumni TKIT Anak Sholeh Mataram, selebihnya (40 %) dari non alumni yaitu berasal dari berbagai TK yang berada di Mataram dan sekitarnya juga dari Gerung dan Kediri Lombok Barat.

Sistem recruitemen yang digunakan adalah dengan wawancara orang tua, dan pemetaan calistung

 

B.       KURIKULUM

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Nasional Standar  Pendidikan (BNSP).

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar SD Islam Terpadu Anak Sholeh  dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan Komite Sekolah dibawah koordinasi dan supervisi  YPIT Ibnu Abbas Mataram yang didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:

1.      berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;

2.      beragam dan terpadu;

3.      tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;

4.      relevan dengan kebutuhan kehidupan;

5.      menyeluruh dan berkesinambungan;

6.      belajar sepanjang hayat; dan

7.      seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

 

Dari prinsip-prinsip diatas lalu dijabarkan sesuai dengan visi dan misi yang ingin dikembangkan oleh SD Islam Terpadu Anak Sholeh Mataram, sehingga kurikulum tersebut diarahkan menjadi :

  1. Kurikulum yang mengembangkan kecerdasan (Bahasa, Sains, logika matematika)
  2. Kurikulum yang mengembangkan kreativitas (Outbound, pendidikan jasmani, kewirausahaan, seni, kepanduan dan sosial kemasyarakatan)
  3. Kurikulum  yang mengembangkan ketaqwaan (Keimanan, ibadah, Al-Quran, sikap hidup, dan integrasi dengan alam.)

 

Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadikenyataan apabila terlaksana di lapangan baik dalam kelas maupun di luar kelas. Proses pembelajaran  hendaknya berlangsung secara efektif yang  mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak serta mampu menggali dan membangkitkan multi kecerdasannya baik kecerdasan spiritual, emosional, intetektual serta kecerdasan fisik. Dalam hal ini para pelaksana kurikulumlah (baca: guru) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajarannya. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Anak Sholeh Mataram.